Profil Masyarakat Nagari

Diposkan Oleh : Administrator | Tanggal : 29 Juli 2013 11:13:36

a. Sosial 

kegiatan sosial masyarakat di nagari kubu tapan, diantaranya : kerja bakti ( gotong royong ), pengajian -pengajian, yasinan, siskamling, TAGANA , karang taruna, PKK, posyandu, arisan , kelompok tani, kelompok ternak, TPA, dan lain-lain. sikap kegotong royongan, kerukunan, pedulian dan kebersamaan masih dijunjung tinggi di nagari kubu tapan.

b. Budaya

masyarakat nagari kubu tapan masih melestarikan adat budaya warisan nenek moyang bangsa indonesia, khususnya kebudayaan minang kabau.ada sebagian yang telah membaurkan antara adat budaya minang dan adat jawa dalam kehidupan sehari hari, tercermin perilaku budaya minang islam dengan tata krama yang sangat di junjung tinggi, seperti adat bertamu, adat bertutur kata,adat berpakaian,adat bermusyawarah dan sebagainya.

berbagai kegiatan budaya masih sering dilaksanakan di nagari kubu tapan, diantaranya: kegiatan keagamaan seperti sholawat barjanji,tahlilan, dan lain lain. selain itu, nagari kubu tapan setiap tahunnya menyelenggarakan acara tahunan yakni kegiatan renungan malam tanggal 17 agustus sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa para pahlawan.

dan masih banyak lagi adat budaya yang dilaksanakan secara bersama sama dan kebersamaan seperti acara kelahiran bayi, khitan dan acara resepsi pernikahan yang selalu di laksanakan oleh masyarakat nagari kubu tapan.

c. Keadaan Ekonomi

potensi perekonomian dinagari kubu tapan  cukup beragam di berbagai sektor, antara lain: pertanian/perkebunan , perikanan,peternakan,dan industri kecil. adapun hasil petani/pekebunan yang menjadi komoditas unggulan nagari kubu tapan, diantaranya adalah kelapa sawit, jagung, sawah. kegiatan peternakan juga dikembangkan di nagari kubu tapan  yaitu peternakan sapi, kerbau,kambing, itik dan ayam kampung. untuk kegiatan perikanan adalah budidaya ikan air tawar sebagian masyarakat membuat kolam secara mandiri di sekitar perkarangan rumah.

potensi perekonomian yang lain adalah industri kecil. komoditas industri kecil yang ada di nagari kubu tapan, di klafikasikan menjadi beberapa bagian yaitu komoditas unggulan, komoditas andalan dan komoditas yang diunggulkan.

hasil industri kecil tersebut, adalah sebagai berikut :

* komoditas unggulan adalah mebel,

*komoditas kuliner ini sangat beragam mulai dari cemilan sampai kue basah maupun kue kering.

hasil industri kecil ini dipasarkan masih sebatas lokal karena adanya keterbatasan modal dan kurangnya pengetahuan dibidang  pemasaran produksi oleh masyarakat. karena masih kurangnya pembinaan  baik dari pemerintah nagari  maupun dari pemerintah daerah sebetulnya untuk hasil kerajinan  baik kuliner maupun yang lainnya sangat mendukung sebagai potensi ekonomi yang menjanjikan jika dikelola secara baik dan benar.

d. pertanian/ perkebunan dan peternakan

komoditas unggulan : kriteria komoditas unggulan secara kuantitatif adalah mempunyai nilai jual tinggi, dapat dibudayakan,volume produksi tinggi, laju nilai penjualan dan perkiraan keuntungan produk setiap ton. ada pun komoditas unggulan tanaman pertanian / perkebunan berdasarkan peringkat adalah padi , jagung dan kelapa sawit. sedangkan untuk produk peternakan adalah sapi, kerbau,kambing dansebaian kecil ayam kampung.

beberapa permasalahan poko sektor pertanian :

- adanya alih fungsi lahan yang mengakibatkan berkurangnya rata rata kepemilikan tanah pertanian

- kejenuhan lahan pada pubuk kimia dan kualitas benih bermutu yang terbatas:


Komentar untuk artikel ini telah ditutup.